Terobosan Baru BUMDES Maju Mapan dengan Budidaya Pisang Calvendish

Kelangdepok – Pisang cavendish adalah jenis pisang yang paling populer di Indonesia dan di dunia umumnya. Nama lain dari pisang cavendish adalah pisang ambon putih. Pisang cavendish dapat tumbuh di iklim tropis (tropical fruits). Meskipun jenis pisang ini dapat tumbuh di Indonesia bukan berarti pisang ini berasal dari Indonesia, akan tetapi berasal dari Amerika. Permintaan pasar mengenai pisang ini terus meningkat, sehingga harus dipenuhi dengan impor. Selain rasanya nikmat untuk dikonsumsi, pisang cavendish juga banyak dijadikan sebagai bahan baku untuk makanan bayi. Misalnya saja diolah menjadi puree atau tepung pisang. Pisang cavendish sangat tepat dan cocok untuk makanan bayi, karena memilik daging yang lunak sehingga nyaman untuk dikonsumsi balita.

Pisang dapat tumbuh di daerah tropis baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian tidak lebih dari 1.600 m di atas permukaan laut (dpl). Suhu optimum untuk pertumbuhan adalah 270 C, dan suhu maksimumnya 380 C, dengan keasaman tanah (pH) 4,5 – 7,5.

Pisang cavendish akan tumbuh secara optimal jika ditanam di daerah dengan tingkat sinar matahari cukup stabil. Apabila sinar matahari yang mengenai pisang cavendish terlalu berlebihan maka akan merusak batang pohon dan menyebabkan pohon mati.

Curah hujan 2000 – 2500 mm/tahun atau paling tidak 100 mm/bulan. Apabila suatu daerah mempunyai bulan kering berturut-turut melebihi 3 bulan maka tanaman pisang memerlukan tambahan pengairan agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.

BUMDes Maju Mapan Desa Kelangdepok menguji coba menanam membudidayakan pisang cavendish untuk dikelola, ide Gagasan ini muncul dari Bapak Kepala Desa Kelangdepok. Beliau menuturkan bagaimana cara mencari bibit, menanam, perawatan, memanen, hingga sampai kemana kita harus jual pisang tersebut.

Semoga ada hasil yang baik untuk budidaya pisang ini, agar suatu saat nanti masyarakat Desa Kelangdepok pun bisa ikut membudidayakan pisang cavendish

Semangat…

X